Dampak Buruk Kalau Kamu Sering Makan Terburu-buru Jelang Imsak



Karena istirahat kemalaman, rasanya buat kamu malas bangun sahur. Akhirnya, anda mengandalkan santap terburu-buru sebab waktu Imsak segera tiba.

Dari sisi medis, melahap makanan dengan cepat paling tidak disarankan oleh dokter. Lebih baik anda menghindari kebiasaan tersebut karena akan menimbulkan akibat buruk untuk kesehatan.

Studi mengklaim bahwa seseorang yang kegemaran makan terburu-buru dapat mengganggu metabolismenya. Jika anda menghabiskan makanan tidak cukup dari lima menit, dapat menimbun lemak dan akibatnya merangsang obesitas.

Paling tidak, berat badanmu tidak langsung naik signifikan. Mulanya perutmu bakal terlihat buncit dan tidak estetis dipandang.

Artinya, ketika anda punya risiko obesitas, dalam jangka panjang lagiterdapat efek serangan penyakit jantung, diabetes, dan stroke. Studi ini dipresentasikan pada Scientific Sessions 2017 American Heart Associationsejumlah waktu lalu.

Para peneliti dari Hiroshima University di Jepang menindaklanjuti 642lelaki dan 441 wanita sekitar lima tahun. Studi ini mengidentifikasi orang-orang yang makannya lambat, normal atau cepat. Mereka mengejar bahwa orang yang suka santap terburu-buru, sekira 11,6% lebih barangkali telah mengembangkan sindrom metabolic. Mereka ingin mudah obesitas,desakan darah tinggi, menimbunnya lemak jahat dan gula darah tinggisesudah periode puasa.

Hubungan antara santap dengan cepat dan menjadi tidak sehat sudah diketahui untuk sedangkan waktu. Saat Anda santap dengan cepat, tubuh tidak mendapat peluang untuk memberi sinyal ke otak, dan rasanya tambah kenyang. Reseptor di lambung pun mulai melemah. Seharusnya frekuensisantap yang normal membutuhkan waktu 15 sampai 20 menit.

Di samping itu, anda harus mengunyah makanan hingga halus supaya ususgampang mencernanya. Air liur mempunyai enzim yang melumasi dan mulaimemahami apa yang anda makan. Hal ini memungkinkan makanan yang masuk ke dalam usus diproses dengan lambat dan sempurna.

Tapi seringkali orang yang santap buru-buru, mengunyah makannya tidakhingga halus. Akibatnya, makananmu akan susah dicerna, sehinggamemunculkan rasa sembelit atau perut mulas di pagi harinya.

Sebagai antisipasi, kamu tidak boleh terlalu tidak jarang bangun kesiangan untuk santap sahur yang mendekati masa-masa Imsak. Fatalnya,andai kamu mengalaminya terus-menerus dampaknya buat aktivitasmu terganggu, sebab gangguan pencernaan dan dalam jangka panjang terpapar serangan penyakit kronik.


Dampak Buruk Kalau Kamu Sering Makan Terburu-buru Jelang Imsak Dampak Buruk Kalau Kamu Sering Makan Terburu-buru Jelang Imsak Reviewed by Mutia Olyvia on Juli 13, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.