4 Langkah Mendidik Anak agar Menjadi Patuh dan Penurut


Terlihat mudah untuk bisa mendidik anak hanya saja tidak semua orang tua dapat melakukannya dengan langkah yang tepat. Langkah mendidik anak yang tidak tepat membuat anak tumbuh menjadi pribadi yang kurang baik. Berikut ini langkah parenting anak untuk mendidik agar anak dapat menjadi patuh dan penurut.

1. Menanamkan Rasa Tanggungjawab 

Orang tua kerap memiliki rasa khawatir yang berlebihan kepada anak-anaknya sehingga menjadi sangat protektif. Sikap ini tidaklah baik dalam membentuk kepribadian anak. Anda harus bisa memberikan rasa percaya kepada anak dan mengajarkannya untuk memiliki rasa tanggungjawab atas apa yang dilakukannya. 

Misalnya ketika anak bermain maka berikan pemahaman untuk membuatnya bertanggungjawab membersihkan kembali mainan yang digunakan. Ketika anak sudah mulai sekolah berikan anak tanggungjawab untuk bisa mempersiapkan semua keperluannya. Jangan membuat Anda yang harus melakukan semuanya sehingga anak akan menjadi manja. 

2. Tumbuhan Rasa Ingin Tahu 

Dalam mendidik anak, penting untuk Anda menanamkan rasa ingin tahu sejak dini. Perkembangan otak anak akan berjalan sejak ia lahir sehingga perlu memberikan rangsangan untuk menunjang perkembangannya. Menanamkan rasa ingin tahu pada anak sejak dini akan membuatnya menjadi lebih cerdas. 

Ketika anak Anda menanyakan sesuatu maka berusahalah untuk memberikan jawaban dari setiap pertanyaannya. Sebisa mungkin jangan memberikan jawaban tidak tahu sehingga anak Anda memahami bahwa orang tuanya bisa membantunya. 

3. Tanamkan Kemampuan Berpendapat pada Anak 

Anda dapat membentuk anak yang patuh dan penurut dengan menanamkan kemampuan berpendapat pada anak. Jangan membuat pendapat yang disampaikan anak tidaklah penting karena ini akan membuat anak menjadi minder. Dalam melakukan parenting anak, Anda perlu mendengarkan pendapat anak dengan baik sehingga membuat anak memiliki keberanian. 

Jika pendapat yang diutarakan anak tidak benar maka koreksilah dengan cara dengan baik. Berikan pujian positif pada anak pada keberanian setiap mengemukakan pendapat. Tindakan ini akan membuat anak memiliki kemampuan mengemukakan pendapat. Berikan upan balik dengan pertanyaan-pertanyaan kecil agar anak memberikan pendapat yang dimilikinya. 

4. Menunjukkan Teladan yang Baik 

Anak akan menjadi patuh dan penurut jika mendapatkan contoh teladan yang baik dari orang tuanya. Anda haruslah bertutur kata yang baik, lembut, dan bersikap dengan bijaksana. Anak-anak memiliki kecenderungan mengikuti apa yang dilihatnya. 

Langkah memberikan teladan yang baik pada anak akan membuatnya percaya dan mengidolakan orang tuanya. Cara ini akan membuat anak menjadi patuh dan penurut. Apapun sikap dan perilaku yang ingin Anda bentuk haruslah dimulai dari diri Anda terlebih dahulu. 

Mendidik anak bukanlah perkara yang mudah, Anda harus sangat hati-hati dan memahami pola parenting anak yang tepat dalam mendidik. Tujuannya untuk mendapatkan anak-anak yang terbaik. Jangan lupa untuk memberikan perhatian yang cukup pada anak. Kebutuhan emosi juga menjadi pendukung dalam membentuk kepribadian anak.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "4 Langkah Mendidik Anak agar Menjadi Patuh dan Penurut "

Posting Komentar