Tips Cara Mencegah Jerawat Muncul Sebelum Menstruasi


Sebelum menstruasi, produksi hormon progesteron bertambah. Hormon ini membuat kulit Anda membengkak hingga pori-pori kulit makin tertutup. Diluar itu, progesteron tingkatkan produksi sebum (minyak) sebagai makanan buat bakteri. 

Keadaan ini memudahkan timbulnya jerawat beberapa waktu sebelum haid. Untuk mencegahnya, berikut langkah-langkah yang bisa Anda kerjakan. 

1. Jaga kebersihan kulit 

Bakteri pemicu jerawat dapat dengan alamiah hidup pada permukaan kulit, atau datang dari sekitar lingkungan. Kulit muka yang terlihat bersih sekalinya tidak seutuhnya terlindung dari beberapa type bakteri yang bikin rugi. 

Langkah paling efisien menahan jerawat sebelum menstruasi dengan kurangi paparan bakteri-bakteri itu. Contohnya lewat cara: 
  • Tidak sentuh muka 
  • Rajin membersihkan tangan memakai sabun 
  • Membersihkan muka dengan sabun 2x satu hari 
  • Bersihkan hp atau alat lain yang bersentuhan langsung dengan muka 
  • Mandi dengan teratur, khususnya sesudah olahraga 
  • Keramas dengan teratur 

2. Memakai produk memiliki kandungan AHA pada kulit 

Alpha hydroxy acids (AHA) adalah asam yang didapat dari tumbuhan, khususnya dari buah-buahan sitrus. Senyawa ini bermanfaat untuk singkirkan beberapa sel kulit mati yang menutup pori-pori dan memudarkan sisa jerawat. 

Langkah manfaatkan AHA untuk menahan jerawat sebelum menstruasi sangat gampang. Cukup pakai cream atau masker yang memiliki kandungan senyawa ini. Berikan juga tabir surya sebab AHA bisa membuat kulit lebih peka pada cahaya matahari. 

3. Batasi makanan yang menyebabkan jerawat 

Merujuk pada American Academy of Dermatology, makanan penyebab jerawat biasanya memiliki kandungan banyak gula serta karbohidrat. Produk susu, terutamanya susu skim, diduga menyebabkan jerawat karena terdapatnya hormon yang dibuat sapi sepanjang hamil. 

Meskipun begitu, makanan hanya unsur penambahan yang menyebabkan jerawat. Pergantian hormon serta kebersihan kulit masih mempunyai peranan semakin besar. Bila Anda ingin menahan jerawat sebelum menstruasi, janganlah lupa memperhitungkan ke-2 unsur ini. 

4. Menghindarkan pemakaian produk perawatan kulit memiliki kandungan minyak 

Produk perawatan kulit memang bisa jaga kebersihan kulit Anda, tetapi produk yang memiliki kandungan minyak malah dapat menutup pori-pori. Oleh karenanya, produk ini lebih pas buat mereka yang mempunyai kulit normal sampai kering. 

Untuk menahan munculnya jerawat sebelum menstruasi, pakai produk perawatan kulit memiliki bahan basic air. Pilih produk dengan info ‘non-comedogenic’. Selesai menstruasi, baru Anda dapat kembali memakai produk memiliki bahan minyak. 

5. Memakai KB hormon 

Buat yang sudah memakai alat kontrasepsi, KB hormon, baik suntik atau pil, adalah satu diantara langkah efisien menahan jerawat sebelum menstruasi. KB hormon bisa turunkan produksi sebum berlebihan dengan menghalangi produksi estrogen serta progesteron 2 minggu mendekati menstruasi. 

Tetapi, KB hormon mempunyai resikonya. Salah satunya mengakibatkan timbulnya bercak darah antara siklus haid, menyebabkan sakit kepala serta ngilu pada payudara, dan turunkan libido. Berkonsultasilah dengan dokter sebelum memakainya. 

Jerawat selama saat pramenstruasi umumnya lebih berasa mengganggu sebab ada dalam jumlahnya banyak sekaligus juga. Ditambah penurunan mood serta pergantian lain yang ada pada badan, tidak bingung bila tanda-tanda pramenstruasi jadi mimpi jelek beberapa wanita. 

Menahan munculnya jerawat sebelum menstruasi dapat jadi satu diantara langkah supaya runtutan insiden “buruk” sebelum menstruasi tidak terus berlangsung. Jika langkah di atas tidak ampuh serta Anda benar-benar terusik dengan kehadiran jerawat Anda, coba untuk mengonsultasikan ini dengan dokter.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Mencegah Jerawat Muncul Sebelum Menstruasi"

Posting Komentar