Cara Merawat AC Sentral yang Benar


Membersihkan AC agar selalu bersih supaya nikmat ketika digunakan merupakan sebuah keharusan. Umumnya, AC rumahan perlu dibersihkan minimal 2 bulan sekali. Tak beda dengan itu, AC sentral yang merupakan sistem pendingin ruangan terpusat pada gedung juga perlu dibersihkan setiap 2-3 bulan sekali.

Selain ketepatan durasi waktu perawatan, cara perawatan AC sentral yang tepat berikut juga penting untuk Anda ketahui.

1. Persiapan perawatan mesin

Hal pertama yang harus dilakukan adalah melakukan perbaikan berdasarkan prosedur yang ada. Usahakan untuk tetap koordinatif dan kooperatif agar dapat memperoleh hasil yang efisien. Bisa juga dengan membuat jadwal perawatan, peralatan, dan pemeriksaan agar lebih efektif. Dengan demikian, Anda tidak akan membuang-buang waktu.

2. Perbaiki mesin AC bagian luar

Langkah tahap ini dapat dilakukan dengan mematuhi prosedur SOP. Anda bisa membaca gambar denah pada mesin serta mendiagnosis dengan benar. Kotoran dan debu luar bisa dibersihkan menggunakan cairan pembersih yang aman untuk bahan mesin. Adapun filter udara, evaporator, kondensor, dan kompresor udara hisap bisa dibersihkan sesudah diberikan disinfektan dan cairan pembersih.

Untuk kotoran dan deposit yang melekat di dinding penukar kalor bisa dibersihkan dengan menggunakan cara kimia berdasarkan prosedur yang sudah ditentukan. Apabila terjadi kebocoran pipa, usahakan untuk segera diperbaiki. Selain itu, identifikasi kesalahan dalam peralatan kerja serta cari sumbernya. Anda bisa menggunakan alat kontrol, alat ukur dan aksesoris, lalu lakukan perawatan yang diperlukan.

3. Melakukan perawatan sesuai kebutuhan

Sebelum Anda melakukan pembongkaran mesin, lebih dahulu keluarkan refrigerant. Bersihkan bagian dalam mesin memakai metode vakum berdasarkan prosedur yang ada. Bersihkan katup ekspansi maupun pipa kapiler menggunakan kompresor udara. Kemudian, bersihkan, rekondisi, lalu pasang kembali AC berdasarkan prosedur yang sudah ditentukan.

Bersihkan juga bagian nosel pengabut pada refrigerant lalu pasang kembali tanpa perlu merusak alat berdasarkan peraturan. Periksa kembali berbagai alat ukur, alat kontrol, alat pengaman listrik dan aksesoris yang lain.

Apabila terjadi sebuah kerusakan, maka segera perbaiki serta pasang kembali pada tempatnya masing-masing. Adapun untuk peralatan yang sudah rusak bahkan tidak bisa diperbaiki, usahakan untuk segera diganti menggunakan alat yang baru.

Namun biasanya untuk penggantian alat yang sudah rusak sesuai dengan spesifikasi, akan diadakan pengadaan barang. Usahakan untuk menjaga agar refrigerant cair serta pelumas tidak masuk ke dalam kompresor.

Demikian beberapa cara untuk merawat AC sentral. Semoga bermanfaat!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Merawat AC Sentral yang Benar"

Posting Komentar