2x Haid Dalam Sebulan, Bisa Jadi Karena Beberapa Faktor Berikut


Baiknya, wanita menstruasi cuma 1x satu bulan. Tetapi, banyak pula yang malah merasakannya lebih dari sekali dalam periode waktu sebulan. Nyatanya menurut Lakeisha Richardson, M.D., seseorang dokter kandungan di Amerika Serikat, ini tidak selamanya abnormal. Lalu apa pemicu haid 2x dalam satu bulan? 

Tersebut beberapa unsur yang mengakibatkan satu orang haid 2x dalam satu bulan: 

1. Pergantian siklus kadang-kadang 

Dr. Lakeisha mengatakan jika siklus haid rata-rata seseorang wanita sekitar di antara 21 sampai 35 hari serta berjalan sepanjang 2 sampai 7 hari. Kadang, satu orang mempunyai siklus menstruasi yang lebih pendek sampai membuat alami 2x haid dalam satu bulan. 

Oleh karenanya, alami menstruasi 2x dalam satu bulan tidak selamanya mengisyaratkan terdapatnya permasalahan. Sesudahnya, mungkin saja siklusnya normal kembali seperti yang lalu. 

Pergantian yang kadang-kadang ini umumnya tak perlu di kuatirkan. Tetapi, bila terus berulang-ulang, Anda butuh memeriksakan ke dokter untuk cari tahu pemicu tentunya. 

2. Pergantian hormon 

Hormon benar-benar merubah siklus haid satu orang. Pada wanita muda di umur pubertas contohnya, pergantian hormon masih rawan turun naik hingga siklus menstruasinya seringkali tidak teratur. Terkadang lebih pendek atau malah lebih lama dari umumnya. Tidaklah heran bila banyak remaja wanita yang alami haid 2x pada sebuah bulan. 

Riset yang diedarkan dalam American Journal of Epidemiology mengatakan perlu waktu seputar 6 tahun untuk mempunyai siklus yang teratur terhitung semenjak pertama-tama haid. 

Tidak hanya hormon di waktu pubertas, tidak seimbangan yang berlangsung saat depresi serta ke arah menopause dapat juga mengakibatkan haid yang tidak teratur. 

3. Memakai alat kontrasepsi hormonal 

Bila Anda barusan memakai alat kontrasepsi hormonal seperti pil KB atau IUD, benar-benar wajar waktu wanita alami haid 2x dalam satu bulan. 

Masalahnya keadaan ini membuat satu orang alami penurunan kandungan hormon. Umumnya keadaan berlangsung seputar dua minggu sesudah periode paling akhir serta semakin lebih teratur pada enam bulan ke depan. 

Diluar itu, perdarahan umumnya ada saat Anda lupa minum pil KB di agenda yang semestinya. Bila Anda alami perdarahan yang berkelanjutan, dokter umumnya akan memberi obat untuk menolong mengendalikannya. 

Dokter akan mengecek keadaan Anda untuk memastikan jika tidak ada infeksi atau permasalahan kesehatan lain yang mengakibatkannya. 

4. Endometriosis 

Endometriosis ialah keadaan waktu jaringan yang semestinya melapisi rahim malah tumbuh dibagian luarnya. 

Mengakibatkan, keadaan ini membuat satu orang alami haid yang tidak teratur, kram yang tidak normal, sakit perut menyiksa, sampai perdarahan yang banyak serta lama. 

Bila Anda alami beberapa tanda-tanda ini, tanyakan ke dokter untuk dikerjakan kontrol selanjutnya. 

5. Permasalahan pada tiroid 

Tiroid ialah kelenjar kecil berupa kupu-kupu di muka tenggorokan yang satu diantara pekerjaannya yakni untuk mengatur beberapa fungsi hormonal di badan. Kelenjar ini ditata oleh hormon yang di produksi serta ditata pada ruang otak yang mengatur menstruasi serta ovulasi. 

Siklus haid yang tidak teratur terhitung merasakannya 2x dalam satu bulan ini mungkin saja tanda-tanda ada permasalahan dengan kelenjar tiroid Anda. Mungkin saja Anda alami tiroid yang kurang aktif atau malah begitu aktif.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "2x Haid Dalam Sebulan, Bisa Jadi Karena Beberapa Faktor Berikut"

Posting Komentar